PEMKAB CIANJUR STUDI BANDING TRANSPARANSI

  • Admin
  • Kamis, 06/09/2018
  • Umum
  • 154 hits

Keberhasilan Pemkab Batang dalam menerapkan trasnparansi anggaran menarik perhatian Pemkab Cianjur. Karena itu, kota penghasil beras di Jabar itu melakukan MoU terkait penerapan E-Planning dan E- Budgeting.

Studi banding ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama pemengelolaan angaran dan perencanaan. Mereka diterima Kabag Humas Pemkab Triossy Juniarto, didampingi Kasubag Program BPKAD, dan Saefudin Staf Bagian Pengendalian Program Setda Batang di Ruang Curug Genting, Rabu (5/9).

Transparansi publik kebijakan yang diterapkan jajaran Pemkab Batang bertujuan agar pengelolaan tata pemerintahan menjadi baik, sehingga menciptakan informasi yang terbuka bagi masyarakat luas, ujar Triossy. Dalam menjalankan transparansi publik, lanjutnya, Pemkab Batang melakukan beberapa inovasi penyelenggaraan sistem informasi pemerintahan.

Saat ini, yang sudah diterapkan berupa EPlaning, E-Budgeting, SIMDAKeuangan, Simpelbang dan lainnya. Semuanya bisa diakses secara online. Itu sebagai wujud keterbukaan, sehingga masyarakat dapat mengetahui besarnya anggaran dan digunakan untuk apa saja. E-Planing merupakan sistem informasi berbasis web untuk memfasilitasi proses perencanaan pembangunan daerah.

Sedangkan E -Budgeting untuk memfasilitasi penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah,jelasnya. Dia menambahkan, Batang juga memiliki potensi sumber daya alam destinasi wisata, mulai dari pantai, pegunungan, maupun air terjun. Sebelum meninggalkan Batang, kami sarankan piknik dulu untuk menikmati keindahan panorama Batang.

Ada Pantai Sigandu maupun Pantai Ujungnegoro dengan bukit menghijau, atau air terjun, juga agrowisata kebun teh Pagilaran, serta aneka kuliner yang lezat untuk dinikmati,imbuhnya.

Kepala BPKAD Kabupaten Cianjur R Dedi Sudrajat selaku ketua rombongan menuturkan, kedatanganya bersama ini untuk belajar transparansi yang sudah diterapkan Pemkab Batang. Kami datang ke Batang untuk menimba ilmu terkait E-Planing dan E-Budgeting yang dinilai sudah berhasil dan berjalan baik,tuturnya. (ar-58)

: tanpa label

KOMENTAR

  • Data tidak atau belum tersedia.

Bagaimana pendapat Anda mengenai informasi yang disampaikan dalam website ini ?

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.